Business Strategy Challenge 2025, Kompetisi Internasional Gagas Bisnis Inklusif dan Berkelanjutan
Management Association (Magenta) Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun (MAGENTA) sukses menggelar Business Strategy Challenge (BSC) 2025, sebuah kompetisi akademik berskala internasional yang menantang mahasiswa untuk menyusun proposal bisnis strategis sebagai solusi terhadap isu-isu ekonomi global.
Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-30 Prodi Manajemen ini berlangsung secara daring sejak 3 Mei hingga 15 Juli 2025 dan berhasil menarik partisipasi mahasiswa dari berbagai universitas, termasuk perwakilan luar negeri seperti Filipina.
Kompetisi ini dirancang sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis bisnis, serta menyusun strategi kewirausahaan yang berorientasi pada keberlanjutan dan inovasi. Setiap tim diminta merancang business plan yang tidak hanya inovatif, tetapi juga memiliki dampak sosial dan ekonomi terhadap tantangan global saat ini.
“Kompetisi ini kami desain untuk melatih mahasiswa agar mampu menyusun ide bisnis yang bukan hanya berorientasi profit, tetapi juga menyentuh aspek keberlanjutan, lokalitas, dan pemberdayaan masyarakat,” jelas Dewangi selaku Ketua Umum Magenta, Senin, 28/07/2025, kemarin.
Trinity Squad dari Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon berhasil meraih Juara I lewat proposal berjudul KRISCEA, inovasi snack sehat berbahan kulit udang yang dikembangkan sebagai pangan fungsional dalam konsep ekonomi sirkular. Proposal ini menonjolkan upaya pemberdayaan masyarakat sekaligus pemanfaatan limbah menjadi produk bernilai tinggi.
Sementara itu, Jesica Arnalita dari Universitas PGRI Madiun meraih Juara II, disusul Nadila Nur Azizah juga dari universitas sama sebagai Juara III lewat proposal Morvita Cookies, camilan sehat berbasis daun kelor yang mengangkat potensi lokal menjadi produk unggulan bernilai ekonomi.
Para peserta tak hanya dinilai dari proposal tertulis, namun juga mempresentasikan idenya secara langsung di hadapan juri yang berasal dari kalangan akademisi dan praktisi bisnis.
“Kami berharap BSC dapat menjadi langkah awal mahasiswa dalam membangun bisnis berdampak, berorientasi sosial, dan menjadi solusi nyata atas persoalan ekonomi, baik di level lokal maupun global,” tambah Ramadhan, selaku ketua pelaksana.
Semangat kolaboratif, kreatif, dan solutif menjadikan BSC 2025 sebagai program unggulan tahunan MAGENTA yang diharapkan terus berkembang dan menjaring partisipasi mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.